PEMETAAN INDEKS KUALITAS AIR TANAH UNTUK IRIGASI DAN KESESUAIANNYA DENGAN JENIS TANAMAN PADA LAHAN IRIGASI AIR TANAH DI KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Joko Kurniawan Brawijaya University
  • Hari Siswoyo Brawijaya University
  • Emma Yuliani Brawijaya University

Keywords:

Air tanah, irigasi, kualitas air, sumur produksi, tanaman pertanian

Abstract

Ketidakmampuan petani dalam menanggung biaya operasional dan pemeliharaan sumur-sumur produksi untuk irigasi di wilayah Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada beberapa sumur tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kesesuaian kualitas air tanah untuk irigasi dengan jenis tanaman paling menguntungkan yang dapat diusahakan di wilayah setempat guna meningkatkan pendapatan petani. Penentuan jenis tanaman yang sesuai berdasarkan kualitas air irigasinya dapat dilakukan dengan menggunakan model Indeks Kualitas Air Irigasi (IWQI). Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa kualitas air tanah untuk irigasi di lokasi penelitian termasuk dalam kategori batasan penggunaan air rendah dengan nilai IWQI berkisar 72,45-74,53. Rekomendasi tanaman pertanian yang sesuai dan paling menguntungkan untuk dibudidayakan setelah masa tanam padi I berdasarkan kualitas air tersebut adalah melon dan semangka.

The farmer’s inability in bearing operational cost and maintaining production wells for irrigation in Plumpang district area, Tuban is one of the damage causes to some wells. The aim of this research is to determine the suitability of groundwater quality for irrigation with the most profitable plants that could be cultivated in the area to increase farmer’s income. The determination of plants which are suitable based on irrigation water quaility could be conducted by using Irrigation Water Quality Index (IWQI). Based on the research, it demonstrates that groundwater quality for irrigation in research area is in the category of low limit water use with IWQI value range 72,45-74,53. Recommendations for suitable and profitable agriculutral plants after first rice planting based on groundwater quality are melon and watermelon.

Downloads

Published

2020-06-05

Issue

Section

Articles