PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) RUMAH TANGGA DENGAN BANGUNAN PENYARING MINYAK DAN LEMAK SERTA SARINGAN PASIR CEPAT DI SALURAN DRAINASE SMPN 13 MALANG

Authors

  • Arfinsyah Hanandha Sukoco Universitas Brawijaya
  • Ery Suhartanto Universitas Brawijaya
  • Dian Chandrasasi Universitas Brawijaya

Keywords:

saringan pasir cepat, penyaring minyak dan lemak, saluran drainase, air limbah rumah tangga

Abstract

Permasalahan drainase di perkotaan merupakan hal yang biasa terjadi. Saluran drainase yang bermasalah bisa menyebabkan berbagai macam kerugian bagi lingkungan sekitar. Banjir dan bau yang menyengat merupakan dampak dari bermasalahnya saluran drainase. SMPN 13 Malang dipilih sebagai lokasi yang ditinjau, karena adanya saluran drainase yang air limbahnya berasal dari limbah rumah tangga dan pertanian yang melewati halaman sekolah. Untuk mengurangi dampak dari permasalahan saluran drainase maka dibangunnya alat filter sederhana berupa penyaring minyak dan lemak serta saringan pasir cepat. Kedua alat dibangun karena tingginya kandungan minyak dan lemak serta detergen pada air limbah yang dibawa dalam saluran drainase. Tujuan lain dari pembangunan alat filter sederhana adalah untuk merubah kualitas air yang memiliki kandungan BOD, COD, deterjen, minyak dan lemak menjadi standar kelas II menurut PP No. 82 Tahun 2001. Pembangunan alat filter sederhana alternatif kedua dapat bekerja secara optimal dan didapatkan nilai efektifitas sebesar 13,337% pada BOD; 7,692% pada COD; 0,783% pada pH, dan 9,265% pada deterjen.

 

Drainage problem on urban area is a common thing. The problematic drainage could be causing a lot of disadvantages for the environmental around it. Some impact of a problematic drainage were flood and pungent odor. SMPN 13 Malang was chosen on this study because there is a drainage chanel. That it carried waste water from domestic and agricultural sector through the center of the school. In order to minimalized the bad impact of the problematic drainage chanel, designing wastewater treatment was needed. Grease trap and rapid sand filter were chosen because the waste water on the chanel was contaminated by grease and detergent. The other purpose of design wastewater treatment is to improve the water quality on the drainage chanel into second classification of water standard based on Government Regulation No. 82 in 2001. The second alternative of wastewater treatment was worked optimally and obtained effectiveness value of 13,337% on BOD; 7,692% on COD; 0,783% on pH; and – 9,265% on detergent.

Downloads

Published

2019-12-27

Issue

Section

Articles