STUDI PERENCANAAN TEROWONGAN PENGELAK BENDUNGAN LUBUK AMBACANG KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PROVINSI RIAU

Chandra Yoga Wicaksana, Heri Suprijanto, Evi Nur Cahya

Abstract


ABSTRAK: Bangunan pengelak dibangun pada awal konstruksi bendungan. Bangunan ini berfungsi untuk mengalihkan aliran sungai selama periode pelaksanaan konstruksi. Pada saat akhir konstruksi terowongan pengelak ini akan dijadikan sebagai pelimpah darurat. Dalam studi perencanaan bangunan pengelak ini menggunakan dua terowongan pengelak dengan bentuk lingkaran. Dari studi perencanaan terowongan pengelak ini didapatkan diameter terowongan 9m menggunakan perhitungan penelusuran banjir dengan debit lima tahun. Didapatkan juga momen maksimum menggunakan software STAADPRO yang dibagi dalam tiga area yaitu Momen Maksimum bagian atas sebesar 2.16 KNm, Momen Maksimum bagian bawah sebesar 3.56 KNm, dan Momen Maksimum bagian samping sebesar 3.56 KNm. Dari momen maksimum tersebut pada studi perencanaan terowongan pengelak ini menggunakan tulangan utama D25-100 dan tulangan bagi sebesar D19-100. Pada proses pengerjaan terowongan juga perlu dilaksanakannya backfill grouting agar dapat menutup overbreak dan grouting konsolidasi untuk menutup retakan memanjang di area luar dari terowongan akibat ledakan.

Kata Kunci: Terowongan Pengelak,Penelusuran Banjir, Momen Maksimum, Penulangan, Sementasi.

 

ABSTRACT: Diversion Tunnel built in the early construction of the dam. The building serves to divert the river flow during the period of construction. At the end of construction,this tunnels will serve as an emergency spillway. In this study it plans using two diversion tunnels with circle shape. The results of this study diversion tunnel that is obtained using a 9m diameter with five years flood routing discharge. The maximum bending moment is obtained also using software STAADPRO divided into three areas: Maximum moment at 2.16 KNm on top, Maximum moment of 3.56 KNm in bottom and Maximum moment at 3.56 KNm in side. Of the maximum bending momemt at study of Diversion tunnel uses main reinforcement for the reinforcement of D25-100 and D19-100. Backfill grouting is important to cover overbreak and consolidation grouting to seal cracks extending beyond the area of ​​the tunnel from the explosion.

Keyword: Diversion Tunnel, Flood Routing, Maximum Moment,Reinforcement,Grouting


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.